Tips Persiapan Menjelang Ujian Akhir

Diposting oleh Pochetra on Selasa, 11 Oktober 2011

Menjelang Ujian Akhir, atau mungkin juga ada yang menggunakan istilah "Ujian Meja", "Seminar Hasil" atau apalah namanya, setiap mahasiswa mempunyai perasaan yang berbeda. Ujian yang seharusnya menjadi puncak pengorbanan selama berbulan-bulan menyusun skripsi, menjadi momok yang sangat menakutkan dengan berbagai alasan seperti tidak siap, belum menguasai materi, tidak berani dan lain sebagainya.
sebenarnya, menjelang ujian akhir persiapan yang paling utama adalah penguasaan mental dan fisik. mental tentunya keberanian dan keyakinan dapat mampu mempertahankan hasil karya yang telah dibuat dan fisik berarti fit dan sehat selama proses ujian berlangsung.
secara ringkas berikut tips persiapan menjelang ujian akhir.
  1. Just relax, santai sajalah. anggap ujian akhir hanya proses "formalitas", yah ini juga berdasarkan informasi yang saya peroleh dari dosen saya bahwa isi dari skripsi or thesis yang kita buat tidak mungkin dipermasalahkan, kenapa? karena mulai ujian proposal hingga mendapat persetujuan untuk diujikan, skripsi tersebut telah mengalami perubahan, pengeditan, pencoretan, bahkan penghinaan beberapa kali, betul kan? so, apa yang diinginkan para penguji tersebut, they only want to know, who made this thesis. ehm..mereka hanya ingin tahu "apa bener seeh lo yang buat skripsi ini?" gitu... jadi kesimpulannya, yang buat skripsii sendiri tidak akan menemui masalah tentunya dan sebaliknya yang hanya bisa copas dan tidak paham isi skripsi, ..yah I'm sorry good bye..he..he..
  2. Minta Saran, nah kalau persoalan ini, kamu harus rajin-rajin browsing, tapi bukan di google lho melainkan ke rumah para senior-senior kamu yang sudah mengalami sebelumnya (yang tentunya dalam satu universitas) untuk apa? minta doa restu...ehmm boleh juga tapi yang utama adalah menggali informasi tentang situasi dan kondisi selama ujian berlangsung, termasuk bagaimana karakter para penguji dan FAQ (frequently asked question) mereka. hitung-hitung untuk mendukung tips nomor 1 di atas, dan juga untuk dapat nilai terbaik tentunya..
  3. Istirahat yang cukup. Dalam hal ini sangat disarankan agar kamu tidak perlu begadang pada malam hari sebelum ujian. "tapi saya kan mau belajar bro?" tidak perlu kamu membaca semuanya dari awal, cukup melakukan review secara singkat bagian-bagian terpenting dari skripsimu. Istirahat yang kurang dapat menyebabkan buyarnya konsentrasi, dan membuat loyo keesokan harinya.
  4. Pray. Nah inilah induk dari semua tips di atas, banyak-banyaklah berdoa dan beribadah. meminta kepada Tuhan kemudahan-kemudahan dalam melaksanakan ujian. Yakinlah, berdoa dan beribadah akan memberikan ketenangan jiwa yang lebih besar dibanding kamu telah menghafal seluruh isi skripsimu. believed it!
Saya pikir seperti itu tips dalam mempersiapkan diri sebelum ujian akhir, give me commet for the next tips! ok




{ 0 komentar... Jangan cuma baca yah, kasih komentar juga add one }

Posting Komentar